Casper5 Blog

PENGHIJAUAN adalah salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan untuk menangani krisis lingkungan. Begitu pentingnya sehingga penghijauan sudah merupakan program nasional yang dilaksanakan di seluruh Indonesia. Alangkah baiknya juga apabila ada program untuk menggenalkan  penghijauan yang dilaksanakan di sekolah-sekolah di Indonesia. Hal ini sangat penting, karena penghijauan harus ditanamkan sejak dini, sehingga tercipta generasi yang dapat lebih menghargai lingkungan alam.
Pengenalan penghijauan dapat dilakukan dengan hal-hal yang sederhana seperti, membuang sampah pada tempatnya, kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah, dan belajar menanam tumbuh-tumbuhan di sekitar lingkungan.

1.    Tertib Membuang Sampah
Tertib membuang sampah perlu diajarkan di lingkungan sekolah. Dalam membuang dibedaan antara sampah organik dengan sampah anorganik. Sekolahan harus menyediakan dua jenis  tempat sampah, satu untuk membuang sampah organik dan yang satunya untuk sampah anorganik. Hal ini penting karena sampah organik dan anorganik memiliki sifat yang berbeda. Sampah organik mudah dapat diuraikan, sedangkan sampah anorganik tidak bisa. Tempat sampah diusahakan ada didepan setiap kelas, kalau bisa juga di tempat-tempat yang strategis seperti aula, lapangan basket dll. Jadi dapat mengurangi kebiasaan siswa membuang sampah sembarangan.
       
2.    Kerja Bakti
Kerja bakti dapat dilakukan setiap seminggu sekali yang dilakukan oleh semua warga sekolah dari tukang kebun, murid, karyawan, dan guru.

3.    Menanam Tanaman di Lingkungan Sekolah
Penanaman tanaman di sekolah dapat dilakukan setiap setahun sekali, yaitu pada awal tahun ajaran baru. Dengan cara semua murid  disuruh membawa tanaman hias dari rumah ke sekolah dan ditanam disekolah bersama-sama yang dapat dilakukan oleh siswa baru pada saat MOS.

Tiga hal tersebut merupakan kegiatan penghijauan yang dapat dilakukan di sekolah. Hal-hal tersebut memang sederhana namun apabila dilakukan akan berdampak baik pada lingkungan alam. Mulailah dari hal-hal yang sederhana untuk menyelamatakan bumi kita tercinta.

Categories: ,

One Response so far.

  1. maxisbola says:

    waktu disekolah saya juga ada diajarkan penghiajuan oleh guru saya

    http://www.maxisbola.com/NewIndex.aspx

Leave a Reply


G
u
e
s
t


B
o
o
k